Selasa, 13 November 2012

Renungan Permasalahan Hidup

Kalau kita merenung sejenak, mungkin kita sering bertanya :
Kenapa aku diuji ?
Jwb : Al-Ankabut 2-3.
Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan ( saja ) mengatakan : “ Kami telah beriman, sedang mereka tidak diuji lagi ?”. Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka. Maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.

Kenapa aku tak mendapat apa yang aku inginkan ?
Jwb : Al- Baqarah 216
Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi ( pula ) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.

Kenapa ujian yang aku hadapi seberat ini ?
Jwb : Al-Baqarah 286
Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan ) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa ( dari kejahatan ) yang dikerjakannya. ( Mereka berdoa ) : ” Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulny. Beri maaflah kami ; ampunilah kami ; dan rahmatilah kami. Engkau penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir”.

Terus jadi sedih banget ?
Jwb : Ali-Imran 139
Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah ( pula ) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi ( derajatnya ). Jika kamu orang-orang yang beriman.

Tapi aku tak bisa bertahan lagi ?
Jwb : Yusuf 87 dan Az-Zumar 53
Yusuf 87 : Hai anak-anakku, pergilah kamu, maka carilah berita tentang yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir.
Az-Zumar 53 : Katakanlah : “ Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri merekan sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi maha penyayang.

Lalu bagaimana aku menjalani hidup ku ?
Jwb : Ali-Imran 200 dan Al-Baqarah 45
Ali-Imran 200 : Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga ( diperbatasan negerimu ) dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu beruntung.
Al-Baqarah 45 : Dan mintalah pertolongan ( kepada Allah ) dengan sabar dan shalat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat. Kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.

Jadi, pada siapa aku harus berharap ?
Jwb : At-Taubah 129
Jika mereka berpaling ( dari keimanan ), maka katakanlah : ” Cukuplah Allah bagiku ; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal, dan Dia adalah Tuhan yang memiliki ’Arasy yang agung”.

Lalu, apa yang aku dapat dari semua ini ?
Jwb : At-Taubah 111
Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin, diri dan harta mereka dengan meberikan surga untuk mereka. Mereka berperang pada jalan Allah ; lalu mereka membunuh atau terbunuh. ( Itu telah menjadi ) janji yang benar dari Allah didalam Taurat, Injil dan Al-Quran. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya ( selain ) dari pada Allah ? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu. Dan itulah kemenangan yang besar.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts